Kamis, 13 Maret 2014

Package dalam JAVA

Pengertian Package
Package adalah sarana/cara pengelompokkan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang sekelompok menjadi suatu unit tunggal dalam library. Package juga mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas-kelas di dalamnya.

  • Pengaruh Package terhadap Method main()
Kelas yang mengandung method main() memilki syarat tidak berada dalam suatu package, dan hirarki posisi foldernya di atas package yang diimport.
  • Membuat Package
     Ada tiga langkah untuk membuat package :
  1. Mendeklarasikan dan memberi nama package.
  2. Membuat struktur dan nama direktori yang sesuai dengan struktur dan nama package.
  3. Mengkompilasi kelas-kelas sesuai dengan packagenya masing-masing.
  • Mendeklarasikan dan Memberi Nama Package
Deklarasi package harus diletakkan pada bagian paling awal (sebelum deklarasi import) dari source code setiap kelas yang dibungkus package tersebut.
Bentuk umum deklarasi package :
package namaPackage;

Syarat nama package :
  1. Diawali huruf kecil
  2. Menggambarkan kelas-kelas yang dibungkusnya
  3. Harus unik (berbeda dengan nama package standard)
  4. Merepresentasikan path dari package tersebut.
  5. Harus sama dengan nama direktorinya.
Contoh package standard :
java.lang (berisi kelas-kelas fundamental yang sering digunakan).
java.awt dan javax.swing (berisi kelas-kelas untuk membangun aplikasi GUI)
java.io (berisi kelas-kelas untuk proses input output)

  • Compile dan Run Kelas dari suatu Package
Selanjutnya masing-masing kelas tersebut dalam package tersebut dikompilasi menjadi byte code (*.class). Artinya package tersebut siap digunakan.

  • Menggunakan Package
Ada dua cara menggunakan suatu package yaitu :
  1. Kelas yang menggunakan berada dalam direktori (package) yang sama dengan kelas-kelas yang digunakan. Maka tidak diperlukan import.
  2. Kelas yang menggunakan berada dalam direktori (package) yang berbeda dengan kelas-kelas yang digunakan. Maka pada awal source code di kelas pengguna harus mencantumkan :
import namaPackage.NamaKelas;  atau
import namaPackage.*;
Contoh :
import java.text.DecimalFormat;
import javax.swing.*;

Berikut contoh sebuah program sederhana menentukan bilangan prima atau bukan :

Pertama membuat file BIlPrima.java


-  Kedua membuat package dalam BilPrima.java dengan nama package BilPrima


-   Ketiga membuat class didalam package yaitu dengan nama BilPrima.class


-  Kode-kode yang ada di dalam BilPrima.class


-  Percobaan 1, mencoba memasukkan input apakah benar bilangan prima atau bukan dengan menginput angka 1


-  Maka hasilnya :



-  Percobaan 2, mencoba memasukkan input apakah benar bilangan prima atau bukan dengan menginput angka 2


-  Maka hasilnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar