Senin, 06 Oktober 2014

Sistem Kerja ZIP, RAR, dan TARGZ

ZIP
ZIP adalah standar file data compression yang paling populer, diciptakan oleh Phil Katz dan diberi nama PKARC (Phil Katz Archive), berhubung ada bentrokan legalitas dari nama ARC maka PKARC dirubah menjadi PKZIP dan code extention akhirannya di beri code ZIP. Dengan data compression, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien. File - file ZIP dapat dibuka atau di Extrack dengan berbagai macam software gratis (freeware) maupun software trial (shareware), sebagai contoh adalah software WinZip.

RAR 
RAR adalah standar file data compression yang diciptakan oleh Eugene Roshal, di beri nama sebagai Roshal Archive (RAR) dan file extention diakhiri dengan code RAR serta didukung dengan adanya fitur error recovery atau pemulihan kesalahan. Contoh software yang mendukung file RAR adalah WinRar. WinRar merupakan software yang dapat membuka file extention berakhiran .

Prinsip dan cara kerja file data compression ZIP maupun RAR hampir sama, pebedaan adalah dari File Data yang di compress.
  • ZIP mampu mengcompres data hingga berukuran 2-3Giga menjadi 1 file data
  • RAR mampu mengcompress data menjadi 1 file dengan ukuran Unlimited.  
Mengcompress data menjadi rar terasa lebih lama dibanding zip dan password proteksi file rar lebih sulit di hack daripada file zip.

TAR GZ
TAR GZ  adalah sebuah file yang dikompresi Tar menggunakan utilitas Gzip.



Pengembangan Teknologi Media Digital
I Putu Agus Eka Pratama, ST MT
Institut Teknologi Harapan Bangsa
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar