Kamis, 24 April 2014

Tahapan Penanganan Aksi (Event) Di Pemrograman Java


Anda dapat memepelajari artikel Tipe Event, Listener dan Kelas  Pemicu Event (Source Object) dan Metoda Registrasi Dan Handler Dalam Penanganan Event Java yang memberikan istilah-istilah dasar dalam penanganan aksi (event) di pemrograman Java, serta artikel Memahami Cara Menangani Aksi (Event) Di Pemrograman Java yang berisi contoh program sederhana bagaimana menangani aksi (event) di pemrograman Java. Untuk dapat memahami dan mengerti dengan baik cara menangani aksi (event) di Java, Anda perlu melakukan beberapa tahapan atau langkah agar program yang dibuat dapat memicu dan menangani event. Semua tergantung pada tipe event mana yang ingin dipicu atau ditangani. Berikut ini adalah tahapan dalam membuat program yang dapat memicu dan merespon event yang terjadi:
  • Membuat form aplikasi atau form applet. Anda dapat membuat kelas sebagai form aplikasi atau applet. Kemudian menentukan komponen (obyek sumber) apa saja yang akan memicu event dan tipe event apa saja yang akan dipicu. Di contoh program dari artikel Memahami Cara Menangani Aksi (Event) Di Pemrograman Java, form aplikasi adalah kelas AplikasiKaliTambah, komponen pemicu event adalah buttonKali dan buttonTambah dari kelas JButton dan tipe event yang dipicu oleh obyek sumber adalah ActionEvent.
  • Mendeklarasikan inner class, anonymous inner class atau kelas itu sendiri sebagai objek pendengar. Kelas objek pendengar harus mengimplementasikan interfes yang bersesuaian dengan tipe event yang ditangani dan mendeklarasikan ulang semua metoda (handler) dari interfes tersebut. Di contoh program dari artikel Memahami Cara Menangani Aksi (Event) Di Pemrograman Java, kelas AplikasiKaliTambah selain digunakan sebagai form aplikasi, juga digunakan sebagai objek pendengar sehingga harus mengimplementasikan interfes ActionListener dan mendeklarasikan ulang metoda actionPerformed.
  • Meregistrasi objek pendengar oleh objek sumber dengan menggunakan metoda registrasi yang bersesuaian dengan tipe event dan interfes listenernya. Pada baris nomor 81 dan 82 di contoh program dari artikel Memahami Cara Menangani Aksi (Event) Di Pemrograman Java, kata kunci this adalah argumen dari metoda registrasi addActionListener yang mewakili objek kelas AplikasiKaliTambah yang juga bertindak sebagai objek pendengar.
  • Mendeklarasikan semua metoda yang dimiliki oleh interfes yang bersangkutan di objek pendengar. Apabila objek pendengar adalah kelas lain (misalnya inner class), metoda harus dideklarasikan di blok inner class. Anda dapat memberikan penanganan event berupa kode (instruksi program) di dalam metoda tersebut sebagai respon atas event yang terjadi. Di contoh program dari artikel Memahami Cara Menangani Aksi (Event) Di Pemrograman Java, kelas AplikasiKaliTambah bertindak sebagai objek pendengar sehingga metoda actionPerformed dideklarasikan di dalam blok kelas tersebut.
 
 
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar